Investasi Pemula Modal Kecil Profit Besar Pasti Untung

MediaInstan.Com – Pandangan dari sebagian masyarakat Indonesia menyatakan bahwa inevstasi membutuhkan dana yang besar. Padahal, saat ini banyak sekali investasi pemula modal kecil namun memiliki profit yang lumayan.

Tingginya animo masyarakat dengan pasif income dan juga ditunjang dengan kemajuan teknologi, membuat banyak perusahaan berusaha keras untuk mempermudah investor mananamkan modalnya.

Hal ini dengan hadirnya aplikasi yang semakin banyak bermunculan yang kesemuanya menawarkan berbagai promo untuk menarik investor agar bergabung ke perusahaannya.

Jika Anda adalah salah satu dari investor pemula, tak perlu ragu lagi untuk berinvestasi karena berapapun modal yang Anda miliki, tetap bisa mempersiapkan hari esok dengan berinvestasi.

Bahkan, banyak perusahaan dan juga aplikasi inevstasi menawarkan modal awal mulai dari 10 ribu rupiah. Dan yang lebih gila lagi, ada juga yang memberikan penawaran investasi tanpa modal.

Instrumen Investasi Pemula Modal Kecil

Sebagai seorang pemula, tentunya Anda harus belajar lebih banyak lagi dengan membaca makalah tentang investasi, melihat perkembangan pasar, bergabung dengan group dan masih banyak lagi.

Hal ini agar Anda tidak salah dalam menanamkan modal yang ingin Anda investasikan sesuai dengan tujuan Anda dan juga melihat kondisi keuangan dalam kurun waktu beberapa tahun kedepan.

Karena, tidak sedikit investor yang salah dalam menerapkan keuangannya, bahkan terjerumus dalam investasi bodong yang menawarkan profit besar dengan cepat.

Berikut di bawah ini jenis investasi pemula modal kecil yang bisa menjadi rekomendasi untuk Anda

1. Logam Mulia / Emas

Investasi apa yang aman dan mendapatkan keuntungan besar serta kecil resikonya? Jawabannya adalah emas. Emas memang menjadi primadona bagi para investor pemula. Banyak kelebihan yang nyata bisa Anda dapatkan dengan jenis inevstasi yang satu ini.

Salah satu nya adalah tingkat keamanan karena lebih tahan dari adanya inflasi. Kita ketahui bersama, selama kurun waktu tertentu, emas tidak pernah mengalami penurunan harga bahkan cenderung naik tiap tahun.

Baca Juga: Cara Investasi Emas di Pegadaian Digital

Jika Anda melihat harga emas saat ini dan membandingkan dengan 5 tahun kebelakang, selama kurun waktu tersebut, tiap tahunnya mengalami kenaikan.

Selain itu, emas juga cocok untuk tabungan atau dana darurat karena bisa Anda cairkan sewaktu-waktu dan proses pencairan juga tidak membutuhkan waktu yang lama.

Namun, Anda harus paham di sini bahwa instrumen investasi emas ini tidak cocok untuk jangka pendek. Jadi jika tujuan Anda untuk cepat memiliki profit besar, maka sebaiknya jangan investasi emas.

2. Reksadana

Investasi pemula modal kecil selanjutnya adalah reksadana yang mana Anda bisa memulai menanamkan modal mulai dari 10 ribu rupiah.

Sebagian mungkin masih belum percaya bahwa hanya dengan uang 10 ribu sudah bisa berinvestasi. Kenyataannya saat ini banyak perusahaan sekuritas yang menawarkan kemudahan investasi dengan modal minim.

Bahkan, keuntungan inevstasi reksadana ini terbilang cukup tinggi jika membandingkan dengan instrumen lain. Namun, Anda juga harus memahami bahwa keuntungan yang tinggi berbanding lurus dengan risiko yang tinggi pula.

Jadi sebagai investor pemula, Anda harus menanyakan kepada diri Anda sendiri arak mana tujuan investasi tersebut. Juga, memahami tingkat risiko pada diri Anda agar kedepan tidak kecewa ketika uang sudah masuk.

3. Saham

Selanjutnya ada saham bagi yang ingin tahu investasi pemula modal kecil. Belum lama ini GoTO meluncurkan sahamnya ke publik dan menjual dengan harga 388 rupiah.

Dari sini, tentunya Anda sudah tahu bahwa untuk membeli saham, Anda tidak harus memiliki uang berjuta juta karena dengan modal kecil saja sudah bisa.

Baca Juga: Pasti Cuan.. Cara Beli Saham di Aplikasi Stockbit

Selain Saham GoTo, masih ada banyak sekali emiten yang menjual saham dengan harga yang murah namun tetap memiliki profit yang cukup.

Banyak perusahaan sekuritas yang siap membantu Anda untuk menginvestasikan uang Anda. Dan, Anda bisa langsung mendaftar secara online juga melalui aplikasi.

Bahkan, perusahaan sekuritas ini bukan hanya menyediakan saham, namun intrumen lain juga tersedia di sana. Jadi, dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih ini, Anda bisa investasi sambil duduk di rumah.

4. P2P Lending

Investasi pemula modal kecil selanjutnya ada Peer To Peer Lending (P2P) yang belakangan ini memang sedang marak. Terutama di masa pandemi yang menharuskan masyarakat berhenti bekerja.

P2P Lending ini adalah perusahaan pembiayaan untuk UMKM yang memberikan pinjaman bervariasi. Bahkan ada yang mencapai nilai raturan juta untuk pinjamannya.

Namun, ada satu hal yang harus benar benar Anda perhatikan bahwa, hanya investasikan pada perusahaan fintech yang telah terdaftar di OJK.

Karena, semakin meningkatnya permintaan pasar, semakin tinggi pula bermunculan fintech ilegal yang justru akan merugikan semua Anda.

P2P Lending ini memiliki tingkat keuntungan yang sangat tinggi, namun risiko gagal bayar dan kerugian juga berbanding lurus.

5. Deposito Berjangka

Selanjutnya ada deposito berjangka untuk inevstasi pemula modal kecil ini. Jenis investasi yang satu ini memang tergolong yang paling lama dan paling familiar di kalangan masyarakat.

Selain tingkat risiko yang relatif kecil, ini juga menjadi salah satu intrumen yang paling diminati oleh para pensiunan.

Hal ini karena kebanyakan dari mereka enggan untuk berikir lagi dengan masalah keuangan dan bagaimana mengambil profit yang besar.

Karena, untuk inevstasi deposito berjangka inijika membandingkan dengan instrumen lain memang kalah dalam hal profit.

Jadi jika Anda sebagai investor pemula, mungkin deposito adalah cocok buat Anda. Namun, jika Anda kemudian tertarik untuk mempelajari instrumen lain, kemungkinan deposito berjangka in iakan Anda tinggalkan.

Cara Investasi Cepat Untung

Jika tujuan Anda adalah inevstasi pemulda modal kecil dan cepat untung, maka Anda juga harus paham dengan tingkat risikonya.

Sekali lagi, untuk besar berbandng lurus dengan risiko yang besar. Sebagai contoh dalam hal ini adalah trading.

Trading memang salah satu jenis investasi yang menghasilkan tiap bulan juga yang akan cepat memberikan hasil yang besar, namun ini jika Anda memiliki keberuntungan dan keahlian khusus dalam membaca pasar.

Aplikasi Investasi Pemula Modal Kecil

Untuk membantu Anda dalam investasi pemula modal kecil, kini Anda bisa menggunakan aplikasi yang akan memudahkan Anda dalam berinvestasi.

Ada beberapa aplikasi saham yang cocok, seperti bareska, bibit, ajab dan lain sebagainya. Untuklebih detail dengan ragam aplikasi ini, Anda bisa membmaca pada artikelnya disini.

Baca Juga: Aplikasi Saham Terbaik Untuk Pemula

Setiap aplikasi tersebut, memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing. Jadi, silahkan teliti keunggulannya dan sesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

Jangan pernah tergiur dengan promo dan layanan yang mereka tawarkan, namun sekali lagi, sesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda. Karena tentunya, kenyamanan dan keamanan ada di tangan Anda sendiri.

By Candra